18
Mei
09

TEKNOLOGI KOMUNIKASI MASYARAKAT

Begitu pesatnya perkembangan teknologi informasi di kalangan masyarakat Indonesia. Memberikan dampak yang begitu luas bagi masyarakat baik yang berupa kemajuan maupun kemunduran dalam masyarakat. Mulai dari aspek ekonomi, pendidikan, pemerintahan, hingga tatanan sosial dan budaya. Tentunya hal ini memberikan dampak positif maupun negatif bagi masyarakat. Teknologi informasi dan komunikasi yang sangat berkembang pesat di kalangan masyarakat Indonesia belakangan ini adalah Internet. Melalui internet segala macam informasi dapat diperoleh s\dengan sangat mudah, hal ini dapat dilihat dari kharakteristik media massa yang satu ini. Diantaranya adalah jangkauan yang sangat luas, sehingga individu yang menggunakan teknologi ini dapat mengakses seluruh informasi yang beragam dari seluruh dunia tampa harus menghuraikan faktor jarak dan tempat.
Semenjak tahun 2000 masyarakat indonesia memiliki antusias yang sangat besar terhadap teknologi cyber. Ditambah lagi dengan hadirnya sitrus-sitrus pertemanan seperti friendster.com, facebook.com, atau Hi5.com. Dengan webside ini kita sebagai individu dapat berinteraksi dengan teman-teman kita kapan saja dan dimana saja, baik yang berjarak dekat hingga yang berada di negara lain. Namum internet juga digunakan sebagai alat kejahatan yang dapat merugikan perorangan tertentu bahkan hingga mencangkup negara. Banyaknya kejahatan-kejahartan di dalam internet (Cyber Crime) di Indonesia belakangan ini dikarenakan tidak adanya sistem yang mengatur tentang keberadaan internet di kalangan masyarakat Indonesia.

Perkembangan Komunikasi dan Teknologi
Tentu kita sudah memahami benar tentang perkembangan komunikasi di dunia. Adapun pembagian atau tahap perkembangan komunikasi adalah sebagai berikut :
• Kom. Intrapersonal
• Kom. Interpersonal/Antarpersonal
• Kom. Kelompok
• Kom. Organisasi
• Kom. Massa
Dari urutan diatas dapat diketahui bahwa komunikasi massa adalah proses komunikasi yang memiliki dampak yang sangat luas. Komunikasi massa ini sendiri memiliki pengertian sebagai proses penyampaian pesan (informasi/message) dari komunikator/sumber kepada komunikan.penerima melalui media tertentu untuk menghasilkan efek/tujuan tertentu dengan mengharapkan feedback/umpan balik.
Dari uraian diatas diketahui bahwa komunikasi massa adalah komunikasi yang memerlukan media massa (Mass Media) sebagai alat penyampaian pesan. Dengan seiringnya waktu media massa juga mengalai perkembangan yang cukup pesat. Dimulai dengan hadirnya Koran kemudian Radio, Televisi, dan yang terakhir adalah Internet. Perkembangan teknologi media massa tidak lepas dari kebutuhan manusia dalam menyampaikan informasi yang seluas-luasnya dan memiliki dampak yang besar.

Media Konvergensi
Berkembangnya teknologi komunikasi dan informasi (information and communication technology / ICT) selama dekade terakhir membawa tren baru di dunia industri komunikasi yakni hadirnya beragam media yang menggabungkan teknologi komunikasi baru dan teknologi komunikasi massa tradisional. Pada dataran praktis maupun teoritis, fenomena yang sering disebut sebagai konvergensi media ini memunculkan beberapa konsekuensi penting. Di ranah praktis, konvergensi media bukan saja memperkaya informasi yang disajikan, melainkan juga memberi pilihan kepada khalayak untuk memilih informasi yang sesuai dengan selera mereka. Tidak kalah serius, konvergensi media memberikan kesempatan baru yang radikal dalam penanganan, penyediaan, distribusi dan pemrosesan seluruh bentuk informasi baik yang bersifat visual, audio, data dan sebagainya.
Fenomena jurnalisme online sekarang ini menjadi contoh menarik. Khalayak pengakses media konvergen alias ”pembaca” tinggal meng-click informasi yang diinginkan di komputer yang sudah dilengkapi dengan aplikasi internet untuk mengetahui informasi yang dikehendaki dan sejenak kemudian informasi itupun muncul. Alhasil, aplikasi teknologi komunikasi terbukti mampu mem-by pass jalur transportasi pengiriman informasi media kepada khalayaknya. Di sisi lain, jurnalisme online juga memampukan wartawan untuk terus-menerus meng-up date informasi yang mereka tampilkan seiring dengan temuan-temuan baru di lapangan. Dalam konteks ini, konsekuensi lanjutnya adalah berkurangnya fungsi editor dari sebuah lembaga pers karena wartawan relatif mempunyai kebebasan untuk segera meng-up load informasi baru tanpa terkendala lagi oleh mekanisme kerja lembaga pers konvensional yang relatif panjang.

Mix Communications
Adalah sebuah cara individu berinteraksi dengan yang lainnya dengan cara menggabungkan jenis komunikasi dalam waktu yang bersamaan. Hal ini di sebabkan karena pada dasarnya komunikasi yang dilakukan oleh individu memiliki hambatan berupa noise. Dan tentunya juga meningkatkan dampak yang diterima komunikan terhadap informasi / pesan yang disampaikan oleh komunikator.

Cyber sebagai suatu media komunikasi
Internet dapat diartikan sebagai jaringan komputer luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari suatu negara ke negara lain di seluruh dunia, dimana di dalamnya terdapat berbagai sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan interaktif. Internet muncul di dunia tidak lepas dari sejarah yang cukup panjang. Adapun sejarah intenet dimulai pada 1969 ketika Departemen Pertahanan Amerika, U.S. Defense Advanced Research Projects Agency(DARPA) memutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organik. Program riset ini dikenal dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk ARPANET. Program e-mail ini begitu mudah sehingga langsung menjadi populer. Pada tahun yang sama, icon @juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukkan “at” atau “pada”. Tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dikembangkan ke luar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di luar Amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang ahli komputer yakni Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
Hari bersejarah berikutnya adalah tanggal 26 Maret 1976, ketika Ratu Inggris berhasil mengirimkan e-mail dari Royal Signals and Radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANET membentuk sebuah jaringan atau network. Pada 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 France Telecom menciptakan gebrakan dengan meluncurkan telpon televisi pertama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
Karena komputer yang membentuk jaringan semakin hari semakin banyak, maka ibutuhkan sebuah protokol resmi yang diakui oleh semua jaringan. Pada tahun 1982 ibentuk Transmission Control Protocol atau TCP dan Internet Protokol atau IP yang kita enal semua. Sementara itu di Eropa muncul jaringan komputer tandingan yang dikenal engan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di negara-negara Belanda, nggris, Denmark dan Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup SENET.
Untuk menyeragamkan alamat di jaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan sistem nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang ada sudah melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat manjadi 10.000 lebih.
Tahun 1988, Jarko Oikarinen dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau Internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 adalah tahun yang paling bersejarah, ketika Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya, yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www, atau Worl Wide Web.
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer, dan di tahun yang sama muncul istilah surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual-shopping atau e-retail muncul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! didirikan, yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

Cyber Community
Adalah komunitas (perkumpulan masyarakat) yang dalam melakukan aktifitas komunikasu dimana komunikasi tersebut dilakukan didalam dunia Cyber (Internet), dan bisannya berbentuk forum diskusi. Hal yang melatar belakangi hadirnya komunitas cyber adalah untuk mempertemukan induvidu satu dengan yang lain yang memiliki satu sudut pandang, tujuan, atau kesamaan tertentu (idiologi, hobi, atau kegemaran). Selain itu ada pula komunitas yang igin menampilkan jadi diri mereka kepada publik luas. Namun mayoritas komunitas memiliki kesaan yang sama dalam membentuk komunitas cyber. Yaitu sebagai media penukaran informasi tertentu yang memang sulit untuk diperoleh secara luas. Seperti Otomotif, komputer, maupun vidual grafis.
Bila dilihat latar belakang berdirinya komunitas cyber, maka dapat digolongkan menjadi beberapa golongan seperti :
o Profesi
Filmpendek.org, Videografer.net, Kaskus.com, Mediacollage.com, 3dhighhand.com, dll
o Hobi ; Airsoftindonesia.com, Fotografer.com, dll
o Pertemanan ; Frienster.com, Facebook.com, Hi5.com, dll
o Pendidikan ; Hellomontions.com, TVE.com, Kaskus.com, Mediacollage.com,dll

Aplikasi Cyber dalam Kehidupan Masyarakat
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian dari apa yang tersedia di internet:
1. Informasi untuk kehidupan pribadi :kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani,sosial.
2. Informasi untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham, komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum komunikasi.
Satu hal yang paling menarik ialah keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi atau faktor faktor lain yang biasanya dapat menghambat pertukaran pikiran. Internet adalah suatu komunitas dunia yang sifatnya sangat demokratis serta memiliki kode etik yang dihormati segenap anggotanya. Manfaat internet terutama diperoleh melalui kerjasama antar pribadi atau kelompok tanpa mengenal batas jarak dan waktu.
Namun internet juga berdampak negatif atau merukan bagi masyarakat luar seperti kejahatan internet / cyber crime (Crecker). Apa lagi internet memiliki dampak yang sangat besar dibandingkan teknologi komunikasi sebelumnya sehingga pergeseran nilai-nilai sosial dan budaya dapat terjadi yang dikarenakan keanggotaan internet tidak mengenal batas negara, ras, kelas ekonomi, ideologi dan agama.
Belum lagi dengan adanya pergeseran moral individu dikalangan masyarakat indonesia belakangan ini. Seharusnya pemerintah memberikan solusi yang tepat agar kerrugian-kerugian yang disebabkan oleh hadirnya internet tidak menjadi luas, bila perlu tidak harus terjadi dimasyarakat luas. Tentunya ada beberapa cara ang dapat di lakukan oleh pemerinta seperti :
• Peraturan / UU tentang Cyber
• Peningkatan pendidikan atas kesadaran penggunaan Internet
• Pengawasan pengguna Internet
Untuk lebih meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia, sudah waktunya para profesional Indonesia memanfaatkan jaringan internet dan menjadi bagian dari masyarakat informasi dunia.


1 Response to “TEKNOLOGI KOMUNIKASI MASYARAKAT”


  1. 1 September 2009 pukul 18:59

    dxcqF0 kcteioozubsq, [url=http://zpvcwuqbreri.com/]zpvcwuqbreri[/url], [link=http://skcwfezeymvl.com/]skcwfezeymvl[/link], http://suowlhtpsbsp.com/


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Apa Kata Nurani????

Kehidupan...???? Saat manusia mencoba menjadi manusia

Coba Lihat Juga….

https://fauzan3486.wordpress.com http://videografer.ning.com http://idecerita.blogspot.com http://detik.com http://kompas.com http://filmpendek.org http://marioteguh.asia http://politikana.com
Mei 2009
S S R K J S M
« Apr   Jun »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

%d blogger menyukai ini: