16
Apr
09

Representasi Media

Istilah representasi merupakan penggambaran (perwakilan) kelompok-kelompok dan institusi sosial. Penggambaran itu tidak hanya berkenaan dengan tampilan fisik (appearance) dan deskripsi, melainkan juga terkait dengan makna (atau nilai) dibalik tampilan fisik. Tampilan fisik representasi adalah sebuah jubah yang menyembunyikan bentuk makna sesungguhnya yang ada di baliknya.
Persepsi tentang representasi (penggambaran) realitas oleh media khususnya televisi dapat diperoleh melalui pengalaman. Pengalaman tersebut membentuk penilaian. Ada tiga pengalaman di mana penilaian tersebut bisa dibentuk :

  1. Membaca ungkapan (kata-kata atau gagasan) dan perilaku nonverbal (visual) orang-orang di dalam televisi tak ubahnya membacanya dalam kehidupan nyata atau pengalaman sosial.
  2. Penilaian yang cenderung dibuat melalui pengalaman dengan media saat membaca ‘karakter-karakter’ atau cerita televisi.
  3. Proses encoding materi televisi oleh para pembuatnya ( misalnya melalui kamera) atau sebuah pengalaman tidak langsung.

Bisa dikatakan bahwa representasi mengharuskan kita berurusan dengan persoalan bentuk. Cara penggunaan televisilah yang menyebabkan khalayak membangun makna yang merupakan esensi dari representasi. Sampai pada tingkatan ini, representasi juga berkaitan dengan produksi simbolik yaitu pembuatan tanda-tanda dalam kode-kode di mana kita menciptakan makna-makna. Dengan mempelajari representasi, kita mempelajari pembuatan, konstruksi makna. Karenanya, representasi juga berkaitan dengan penghadiran kembali (re-presenting), bukan gagasan asli atau objek fisikal asli, melainkan sebuah representasi atau sebuah versi yang dibangun darinya.
Representasi dalam teks media boleh dikata berfungsi secara ideologis sepanjang representasi itu membantu mereproduksi hubungan sosial yang berkenaan dengan dominasi dan eksploitasi.


0 Responses to “Representasi Media”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Apa Kata Nurani????

Kehidupan...???? Saat manusia mencoba menjadi manusia

Coba Lihat Juga….

https://fauzan3486.wordpress.com http://videografer.ning.com http://idecerita.blogspot.com http://detik.com http://kompas.com http://filmpendek.org http://marioteguh.asia http://politikana.com
April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

%d blogger menyukai ini: