15
Apr
09

Karakteristik Komunikasi Massa

Komunikasi massa berbeda dengan komunikasi lainnya, seperti komunikasi antarpesona dan komunikasi kelompok. Perbedaan itu meliputi komponen-komponen yang terlibat di dalamnya, juga proses berlangsungnya komunikasi tersebut. Adapun karakteristik komunikasi massa adalah sebagai berikut :
Komunikator Terlembagakan
Media massa sebagai saluran komunikasi massa merupakan lembaga, yakni suatu institusi atau organisasi. Oleh karena komunikatornya melembaga. Komunikator pada komunikasi massa, misalnya wartawan surat kabar atau penyiar televisi bertindak atas nama lembaga sejalan dengan kebijaksanaan (policy) surat kabar dan stasiun televisi yang diwakilinya karena media yang dipergunakannya adalah suatu lembaga dalam menyebarluaskan pesan komunikasinya. Ia tidak memiliki kebebasan individual.
Berdasarkan kenyataan tersebut di atas, maka komunikatornya pada komunikasi massa dinamakan juga komunikator kolektif. Karena sifatnya yang kolektif, maka komunikator yang terdiri atas sejumlah kerabat kerja itu mutlak harus mempunyai keterampilan yang tinggi dalam bidangnya masing-masing.
Pesan Bersifat Umum
Pesan yang disebarkan melalui media massa bersifat umum (public) karena ditujukan kepada umum dan mengenai kepentingan umum. Jadi tidak ditujukan kepada perseorangan atau kepada sekelompok orang tertentu.
Komunikannya Anonim dan Heterogen
Dalam komunikasi massa, komunikator tidak mengenal komunikan (anonim), karena komunikasinya menggunakan media dan tidak tatap muka. Selain itu, komunikan komunikasi massa adalah heterogen, karena terdiri dari berbagai lapisan masyarakat yang berbeda dalam berbagai hal seperti usia, jenis kelamin, pandangan hidup dan lain-lan.
Media Massa Menimbulkan Keserempakan
Media massa memiliki kemampuan untuk menimbulkan keserempakan pada pihak khalayak dalam menerima pesan-pesan yang disebarkan.
Komunikasi mengutamakan Isi ketimbang Hubungan
Setiap komunikasi melibatkan unsur isi dan unsur hubungan. Namun pada komunikasi massa, yang penting adalah unsur isi.
Komunikasi Massa Bersifat satu Arah
Pada komunikasi massa tidak terdapat arus balik kepada komunikator. Pada media televisi, radio dan film arus balik tidak secara langsung tetapi arus balik tertunda dengan menggunakan telepon atau e-mail. Dengan kata lain perkataan wartawan, penyiar televisi atau radio sebagai komunikator tidak mengetahui tanggapan para khalayak terhadap pesan atau informasi yang disiarkannya.
Stimulasi Alat Indra “Terbatas”
Dalam komunikasi alat indra bergantung pada jenis media massa. Pada surat kabar dan majalah, pembaca hanya melihat , pada radio siaran dan rekaman auditif, khalayak hanya mendengar sedangkan pada media televisi dan film, kita menggunakan indra penglihatan dan pendengaran .Sehingga alat indra tidak dapat digunakan secara maksimal.


0 Responses to “Karakteristik Komunikasi Massa”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Apa Kata Nurani????

Kehidupan...???? Saat manusia mencoba menjadi manusia

Coba Lihat Juga….

https://fauzan3486.wordpress.com http://videografer.ning.com http://idecerita.blogspot.com http://detik.com http://kompas.com http://filmpendek.org http://marioteguh.asia http://politikana.com
April 2009
S S R K J S M
« Mar   Mei »
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

%d blogger menyukai ini: