25
Mar
09

TRADISI SOCIOCULTURAL dalam Percakapan (Ilmu Komunikasi)

TRADISI SOCIOCULTURAL

Dalam tradisi ini diterangkan bahwa kita selalu membuat penjelasan-penjelasan dari apa yang menjadi dasar di dalam percakapan, bagaimana suatu maksud / arti tersebut dapat dijelaskan di dalam percakapan, dan bagaimana lambang dimunculkan digambarkan melalui interaksi.
Teori-teori ini mengatakan kepada kita tentang percakapan menyatukan orang-orang secara bersama-sama, dan bagaimana partisipan yang datang untuk melakukan share meaning, dan difokuskan juga pada bagaimana komunikator-komunikator bekerja sama di suatu cara yang tersusun untuk mengorganisir pembicaraan mereka. Empat bidang yang tercakup didalamnya, yakni ; interactionism simbolis; teori konvergensi simbolis, analisa percakapan, dan teori negosiasi muka.

1. Interactionism Simbolis,
Interactionism simbolis, suatu gerakan di dalam sosiologi, fokus kepada cara dimana orang-orang membentuk maksud (arti) dan struktur di dalam masyarakat melalui percakapan. Barbara Ballis Lal meringkasnya seperti berikut:

  • ” Orang-orang membuat keputusan-keputusan dan tindakan menurut pemahaman-pemahaman mereka yang subjektif, situasi-situasi di mana mereka menemukan diri mereka.
  • ” kehidupan sosial terdiri dari proses-proses interaksi dibanding struktural dan kemudian terus menerus berubah.
  • ” Orang-orang memahami pengalaman mereka melalui menemukan arti melalui symbol-simbol di dalam kelompok-kelompok utama mereka, dan bahasa adalah satu bagian penting dari kehidupan social.
  • ” Dunia itu terdiri dari object sosial yang dinamai dan sudah secara sosial menentukan maksud /arti.
  • ” tindakan-tindakan orang-orang yang didasarkan pada interpretasi mereka, di mana object yang relevan dan mengambil sikap dalam di dalam situasi itu diperhitungkan.

Percakapan diri sendiri adalah suatu obyek yang penting dan, seperti semua object sosial, digambarkan melalui interaksi sosial dengan yang lain.

2. Teori konvergensi Simbolis
Teori menggambarkan dari kenyataan sesorang berpedoman kepada kisah-kisah yang mencerminkan bagaimana hal tersebut dipercaya semestinya. Kisah-kisah ini diciptakan di dalam interaksi simbolik di dalam kelompok-kelompok kecil, Tema-tema khayalan, dan bahkan visi-visi retoris lebih besar, terdiri atas karakter-karakter, garis alur cerita, [peristiwa; pemandangan], dan agen persetujuan. Karakter-karakter itu didapat pada para pahlawan, penjahat-penjahat, dan pemain-pemain pendukung lain. Alur cerita Iine adalah tindakan atau pengembangan dari kisah. peristiwa; pemandangan] itu adalah pengaturan, termasuk lokasi, kekayaan, dan sociocultural lingkungan pergaulan. Akhirnya, agen persetujuan adalah suatu sumber bahwa mengesahkan kisah.

3. Analisa Percakapan
Hal ini menjadi bagian dari suatu cabang dari sosiologi (disebut etnomethodology). Adalah studi yang terperinci bagaimana orang-orang mengorganisir kehidupan mereka yang sehari-hari. Itu melibatkan suatu metode yang sangat jelas tentang cara seseorang dalam bekerja sama untuk menciptakan organisasi sosial. Analisa percakapan mempunyai kaitan dengan bermacam issue. Pertama-tama, itu berhubungan dengan apa yang para pembicara perlukan untuk membuat suatu percakapan, yakni mengetahui ketentuan-ketentuan tentang suatu percakapan tersebut. Analisa percakapan adalah juga terkait dengan pelanggaran-pelanggaran aturan dan orang-orang dalam tata cara mencegah dan memperbaiki error di dalam pembicaraan.

4. Teori Negosiasi Muka
Yang dikembangkan oleh Stella Tmg – Toomey dan para rekan kerja nya, teori negosiasi muka menyediakan suatu dasar untuk meramalkan bagaimana orang-orang akan memenuhi syarat atau masuk kedalam kultur-kultur yang berbeda .

sumber : Littel J.

About these ads

0 Responses to “TRADISI SOCIOCULTURAL dalam Percakapan (Ilmu Komunikasi)”



  1. Tinggalkan sebuah Komentar

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


Kategori

Apa Kata Nurani????

Kehidupan...???? Saat manusia mencoba menjadi manusia

Coba Lihat Juga….

http://fauzan3486.wordpress.com http://videografer.ning.com http://idecerita.blogspot.com http://detik.com http://kompas.com http://filmpendek.org http://marioteguh.asia http://politikana.com
Maret 2009
S S R K J S M
    Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: